Thanks to visit..(^.^)/..

Rabu, 21 Desember 2011

[KLIPING] Menyingkap Agenda Tersembunyi Dibalik Sekolah

by Yudi Arianto on Wednesday, December 21, 2011 at 7:52pm

gnosticmedia.com
Apakah sekolah anak Anda mendorong ia mampu mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan apa yang menurutnya benar ataukah mereka diajari untuk patuh dan didikte apa-apa yang boleh ia pikirkan?

Adalah John Taylor Gatto, seorang penulis, pembicara, dan pendidik terkenal, yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai guru terbaik di Amerika, menjadi tidak yakin dengan sistem pendidikan yang selama ini sudah kokoh diyakini oleh masyarakat. Dia dengan terbuka mengaku bahwa dia sukses sebagai guru karena mendobrak semua aturan baku.

Gatto kemudian meninggalkan dunia pendidikan tradisional dan mulai meneliti sejarah sistem persekolahan. Dia menemukan bahwa sistem wajib belajar (compulsory school system)  sebenarnya dirancang untuk mengajarkan sifat kekanak-kanakan dengan menciptakan ketergantungan terhadap otoritas di luar dirinya.

Umumnya, kita para orang tua cenderung percaya bahwa sekolah ada untuk membantu anak-anak kita meraih kemampuan intelektual tertingginya. Tetapi Gatto mengungkapkan adanya kepentingan dari industrialis (yang membiayai sekolah-sekolah) untuk “memunculkan suatu bangsa” dimana ada buruh dan konsumen yang akan bertindak sesuai dengan apa yang dimaui oleh industrialis.

Gatto percaya bahwa “genius is as common as dirt”. Sebagai seorang penganjur unschooling, dia berkata bahwa anak-anak akan belajar dalam bentuknya yang terbaik jika mereka dilibatkan secara penuh dalam masyarakat. Anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter jika mereka diberi suatu tanggung jawab. Sebagai orang tua dan orang dewasa tugas kita adalah mendukung mereka dengan cara menyingkirkan segala penghalang dan membantu mereka untuk mengantisipasi permasalahan yang muncul.

Gatto mengatakan bahwa sistem sekolah makin lama semakin tidak relevan dengan tantangan yang ada. Tidak seorangpun percaya bahwa ilmuwan dilatih dalam kelas sains atau politikus dimunculkan lewat kelas ketatanegaraan atau penulis puisi dalam kelas bahasa. Kenyataannya adalah bahwa sekolah-sekolah tidak benar-benar mengajarkan apapun kecuali bagaimana caranya untuk mematuhi peraturan.(###)

source : http://www.facebook.com/notes/yudi-arianto/menyingkap-agenda-tersembunyi-dibalik-sekolah/10150449603774620

e-book John Taylor Gatto tentang Underground History American Education dapat disimak di sini http://www.johntaylorgatto.com/chapters/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar