Rabu, 05 September 2012

Saya "keranjingan" belajar di Coursera


Kuliah Introduction to Finance sekarang beranjak ke week 8, saya baru selesai mengerjakan assignment di week 6 yang batas akhir pengerjaannya tanggal 6 September besuk, sedangkan video kuliah untuk week 7 dan week 8 berikut assignmentnya sudah ada kemarin, batas akhir dua assignment week 7 dan 8 sama sama tanggal 20 September.

Kuliah Intro to Finance bersama Prof. Gautam Kaul sangat menyenangkan, apa lagi setiap assignment, skor saya lebih dari 75 walau seringnya mesti dua kali mengerjakannya. Jadi satu assignment diberi kesempatan dua kali untuk mengerjakannya dengan dua soal yang 75% berbeda dari soal sebelumnya.
Mau pamer, skor nilai saya di Assignment 6 attempt 2,
yang attempt 1 cuma dapet 70
Feedback dari Prof. Kaul di assignment 6 attempt 1,
baca komentar atas kesalahan yang saya buat, simpatik ya...:)

Sementara kuliah Finance ini berjalan, bulan September ada 3 kuliah lain yang saya ikuti, Statistic One bersama Prof Conway dari Princeton University, Model Thinking oleh Prof.  Scott dari Michigan University dan satu lagi Introductional to Computational Finance and Financial Econometric bersama Prof. Eric Zivot dari Washington University.
Ini empat kuliah yang saya jalani bulan september ini
Kuliah kuliah ini rata rata akan berjalan selama 10 minggu termasuk assignment, quizzes, ataupun homework setiap minggunya.

Di dunia nyata, sebenarnya saya masih harus mengerjakan thesis saya, tentang pengaruh word of mouth intention, image sekolah, kepuasan siswa dan service quality, namun rasanya sayang untuk mengesampingkan kuliah kuliah saya di coursera. Saat mengerjakan thesis saya hanya merasa, harus menyelesaikan pekerjaan itu, saya belum menemukan Aha bahwa saya akan dapat sesuatu dari research saya

Beda sekali ketika saya mengerjakan assignment 1 – 6 dari Prof. Kaul yang sudah saya kerjakan minggu per minggu karena ada batas waktu tiap assignment tiap minggu. Saat saya salah mengerjakan satu kasus rasanya jadi tambah penasaran, dan saat saya bisa menyelesaikan kasus kasus di soal itu rasanya puaaaaaasss sekali, perasaan ini sulit sekali digambarkan. Padahal kelas di Prof. Kaul tidak ada reward yang berarti, tidak seperti jika saya menyelesaikan thesis saya, rewardnya tentu saja, ijazah, gelar bisa juga kenaikan pangkat. Reward yang saya dapat dari Prof. Kaul adalah kepuasan saat dapat memecahkan kasus kasus dalam soal assignment juga inspirasi gaya mengajar dari Prof. Kaul

Pada prinsipnya ke empat kuliah yang saya ikuti sistemnya sama, ada 5-8 video pendek 15-20 menit yang berisi kuliah para prof tersebut yang bisa di download dan kemudian ada quizzes, assignment, dan homework di setiap minggunya yang harus dikerjakan sebelum batas waktu

Tidak jauh berbeda dengan Prof. Kaul, kelas Prof. Conway, Prof. Scott dan Prof. Eric Zivot juga sangat menyenangkan, guru guru itu sungguh sungguh expert di bidangnya, mereka bisa membuat saya yakin bahwa apa yang mereka ajarkan worth it. Bukan lagi ijazah tapi bener bener ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan saya. Klise ya tapi nyata
Nha ini gara gara Kuliah pertama saya dengan Prof. Kaul yang membuat
saya jadi "keranjingan" dan gelap mata untuk ambil mata kuliah yang lain hehe

Gaya Prof. Conway dari Princeton University saat menyampaikan kuliahnya

Prof. Eric Zivot dari University of Washington, cepeeett banget ngomongnya tapi oke deh
Prof. Scott dari Michigan University,
yang ini juga ngomongya cepet bangett, tapi tetep kereeenn kuliahnya


Oiya jangan khawatir dengan bahasa Inggris yang pas pas an, Bahasa Inggris saya juga terbatas, saya masih suka gelagepan saat kuliah di kelas Prof. Scott Model Thinking yang ngomongnya cepet banget, tenang ada subtitle dalam bentuk .srt kok, jadi InsyaAllah sangat membantu

Sebenarnya yang paling menarik dari semua kuliah mereka adalah cara penyampaian materi pelajaran yang dibuat simple, contextual dan up to date, juga gaya bicara beliau beliau yang humble, penuh perasaan tidak asal materi selesai pokoknya jauuh banget dan beda banget dari yang biasa dilakukan guru guru seperti saya ketika di depan kelas.

Baru Amaze, nggumunan tepatnya, merasakan kuliah gratis dari dosen dosen Universitas keren di US, yang humble. http://coursera.org adalah salah satu free online course gratis yang mudah diakses dan didukung oleh 16 universitas terkemuka di US, kelas Statistic One saja diikuti oleh 75000 peserta belum kelas kelas yang lain. Berbagai berita tentang Coursera dapat diakses disini

Awesome, bikin makin cinta belajar deh coursera ini.....*lebay gak sih hehe...

Semangaattt!!....(^.^)/..

13 komentar:

  1. dapat sertifikat gak? akreditasi gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagian besar mata course ada sertifikatnya, ini contoh sertifikat untuk mata course Introduction to Computer Principles dari Stanford University
      http://www.michaeljrees.com/certificates/201206-coursera-cs101

      Maslah terpakai atau tidak di Indonesia, saya tidak tahu, saya cuma pingin menikmati proses belajarnya

      Semangaaatt (^.^)/..

      Salam,
      Ameliasari

      Hapus
  2. Cool! Salam courserian! Saya jg lg ambil model thinking, top abis ngajarnya tapi suka tricky quiz2nya pak Scott, sebentar lg final exam.. Hehe tenang aj, suatu saat bakal kepake kok.. Lagipula logika2 berpikirnya jg sangat useful di hidup sehari-hari.. Anyway, saya juga pake lho ilmunya model thinking di kerjaan saya ;),..


    Donil

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang, model thinking saya putus di tengah jalan...
      setelah kuliah Foundation of Teaching for Learning selesai, next mengulang kuliah Prof. Scott... Semangaatt!!...(^.^)/..

      Terimakasih salam courserian juga Donil... :)

      Hapus
  3. Cara dapat tranlate bentuk .srt itu darimana yah? hehe. apa ada di semua course? trims. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ini course yang saya ikuti semua ada. ikuti link video biasanya disana nanti ada satu deret dengan materi setiap minggunya lihat sebelah kanan ada ppt srt txt kemudian baru videonya. Klik saja
      Selamat belajar

      Hapus
  4. Balasan
    1. iya satu course bisa gratis bisa bayar juga terutama yang ada tulisannya join signature track, semua pilihan
      jika kita memilih join signature track, anda akan dibebani biaya sekitar $25 - $45, biayanya beragam, tapi inipun bisa dibuat gratis, dengan mengajukan financia aids ke coursera. Kalau sudah join dan di approve sama coursera maka semua kegiatan kita saat menjawab quiz harus dikonfirmasi dengan wajah kita, jadi perlu webcam, sertifikatnya juga berbeda.

      Tetapi kalau kita memilih untuk tidak join, maka kita tetep bisa mengikuti kuliah, quiz dll dan akan memperoleh sertifikat juga.

      Yang penting daftar coursenya duluuu, Semangaaattt!!!..

      *oya ini saat saya lulus tetapi nggak pake join signature track
      http://www.ameliasari.com/2013/09/hurraaay-saya-lulussss.html

      Hapus
  5. sy mau wlaupun tdk gratis, asal betul2 interaktiv kyk skolah beneran, bisa tanya sepuasnya ma dosen/tutornya.
    kira2 ada gk yg interaktiv sperti itu,mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. interaktifnya online, kalau ada pertanyaan bisa tanya dosennya via email

      Semangaaattt (^.^)/..

      Hapus
  6. Bagaimana Cara mengajukan Financial Aids??
    Soalnya saya mulai Juni 2016 ini kok berbayar semua ya...
    udah ga ad yang gratis lagi di Coursera...
    please reply
    litsbarkimirza@gmail.com
    economic-sains.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru saja saya mengajukan Financial Aid untuk salah Satu course. Caranya dengan membuka home sebuah course, lalu ada tulisan Information about Financial Aid, lalu klik Learn more and apply. Disitu anda harus mengisi mengapa anda membutuhkan Financial Aid dari sisi keungan, lalu bagaimana course ini membantu anda, dan bagaimana cara anda aktif di komunitas Coursera. Kata orang-orang di Quoara, kualifikasi untuk mendapat financial aid coursera cukup mudah, jadi banyak yang disetujui.

      Hapus

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...