Kamis, 11 Mei 2017

Kelas Infografik - Festival Menulis Tempo *2/5*

Kelas Bang Yosep - Foto : Tempo Institute
Kelas kedua yang saya ikuti adalah Infografik, yang disampaikan oleh Kepala Pengembangan Produk Digital Tempo, Bang Yosep Suprayogi

Saya mulai mengenal Infografik sebetulnya pas, editor buku kedua saya mengirim bocoran kalau format buku berikutnya akan lebih banyak menggunakan infografik, waktu itu sih iya aja, bagus sih

Nah jadi penasaran sebenarnya apa itu infografik? menurut Bang Yosep, Infografik adalah satu cara komunikasi visual.
Infografik menggunakan gambar, simbol, warna dan kata untuk menyampaikan gagasan, menggambarkan informasi atau menunjukkan sebuah relasi
Infografik juga memampatkan informasi dalam jumlah besar ke dalam ruang kecil
Infografik dapat mengungkapkan informasi yang sebelumnya tersembunyi atau tenggelam dan membantu pembaca untuk lebih memahami informasi

Komponen Infografik ada 3, visual, data/fakta --grafik, dan kata, ketiganya diintegrasikan dengan dinamis dan cair
Infografis Tan Malaka masuk contoh bentuk Timeline
Ada di satu dinding gedung Tempo dan maaf saya tetep narsis,
Tan adalah salah satu guru inspirasi saya
Jenis jenis infografik ada Chart, Timeline, Kronologi/proses, Bagan dan Map - kalau tidak ada contohnya susah menggambarkan yak...
contoh infografik chart - sumber koran tempo 8 Jan 2012
contoh infografik kronologi. sumber @korantempo

contoh contoh infografik bisa googling

7 Langkah Membuat Infografik, pertama adalah Ide (kata kunci), Angle, Sotryboard, Kumpulan Bahan, Visualisasi (bisa menggunakan Excel, Tool Instan, Photoshops, Ilustrator atau After Effect), kemudian Setelah dilakukan revisi, dipublikasi.

Ada beberapa tool instan Infografik yang dapat digunakan secara gratis sebagai berikut :
Piktochart, easel.ly , visual.ly, infogr.am,  Tableau Public, dan datylon 

Tips infografik dari Bang Yosep adalah Warna maximal 5, Tipografi, titik berat sesuai fungsinya, Tata Letak, Ruang, Ilustrasi mesti selaras, Ikon dan tetap sederhana

dan saya mencoba membuat  infografis grafik yang masih sederhana untuk presentasi saya besok



Semangaaatt, selamat belajar Infografik..(^.^)/..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...