Thanks to visit..(^.^)/..

Minggu, 22 September 2013

Hurraaay saya Lulussss...

Catatan kuliah yang penuh sticky note
Alhamdulillah kuliah saya Foundation of Teaching for Learning 1 lulus juga, ada kurang lebih 16 video dari Prof. MacBeath dan banyak artikel yang harus saya baca, 4 quizzes dan 2 essay yang harus dikumpulkan. Kali ini nilai nilai saya lumayan, 10, 8, 10, 9 untuk 4 quizzes dan 7,5 n 10 nilai untuk 2 essay yang saya kumpulkan.
Setelah sekian tahun mengikuti kuliah kuliah di http://coursera.org baru kali ini saya mengikuti kuliah secara lengkap, utuh, step by step. Karena bahasa inggris saya biasa biasa saja, jadi perlu usaha ekstra untuk mengikuti kuliah ini lihat catatan saya, penuh coretan dan sticky note
Sebetulnya tidak perlu sampai di print seperti ini juga sih, cukup melihat video yang bersubtitle. Tetapi sekali lagi, kendala bahasa membutuhkan tambahan waktu untuk mengulang dan memahami setiap kuliah Prof. MacBeath ini hehe



Beberapa catatan penting yang saya ingat sampai sekarang adalah tentang perubahan. Menurut Seymour papert has written, we have to really reinvent and rething our way of knowing, because if we think change is limited by imagining things very much like the ones we already know, we deprive ourselves of participation in the evolution.
Perubahan itu gak harus dari bawah atau dari atas saja tetapi bebarengan baik dari aatas atupun bawah. So working from the bottom up we need always a kind of endorsment and support from the top, strategi ini yang diterapkan di Finlandia

Pernyataan menarik dari Dylan Willian mengenai Assessment-- We were exploring the use of assessment to help improve student learning rather than just to measure it.
Jadi assessment dibagi menjadi tiga assessment of learning, for learning dan as learning, yang kita laksanakan di kelas sebagai guru adalah assesment of learning contohnya summative for grading, benchmarking or report, kalau assessment for learning-we're helping student to think about their learning, to think about how they could be better. Assessment as learning, berarti melibatkan anak anak untuk mengikuti prosesnya, berpikir untuk mengevaluasi belajar mereka.

Kuliah Prof. Mac Beath membuat saya lebih percaya diri atas keyakinan saya, bahwa belajar hakiki tidak hanya untuk nilai dan ijazah, bagaimana membuat anak anak paham dan menyenangi belajarnya sangat penting. Beberapa video yang disarankan dalam kuliah ini sebagian besar sudah saya nikmati sebelumnya, seperti misalnya tentang Sir Ken Robinson atau Sugatra Mitra

Jadi saya berada di track yang benar, bagaimana memahami anak anak dengan berbagai perspektif, bagaimana saya sebagai guru harus banyak belajar

Akhirnya setelah setahun lebih saya mengikuti kuliah kuliah
di Coursera, baru kali ini saya lulus...Huraaaayyyy

Seorang teman bertanya ke saya, kok saya rajin sekali ya belajar, betah sekali di depan komputer, betah sekali baca ini itu. "karena saya punya banyak masalah, dan saya mesti banyak belajar dan melihat berbagai perspektif untuk menyelesakan satu per satu permasalahan saya"....*jiaaah.. (^.^)/

tralaaa the statment of accomplishment...
huwaaa semangaaattt!!...(^.^)/..

10 komentar:

  1. Balasan
    1. Terimakasih omJay
      Terus semangat, Omjay selalu jadi inspirasi saya.. :)

      Hapus
  2. menarik dan menantang... mantaps
    ikutan ya mba amel sy mau coba juga, jadi bergairah ni!!

    BalasHapus
  3. semangat belajar thanks buc atas motivasinya

    BalasHapus
  4. wah jadi tertarik ikutan juga.. thanks for the inspiration!

    BalasHapus
  5. Mba salam kenal..
    aku baru keranjingan ikut coursera nih, cuma karena masih newbie jadi masih sekedar nyimak2 video nya aja.

    Aku mau tanya, kalau untuk course yang akan segera dimulai, kita harus on time banget ikutan course nya hari itu?

    Terima Kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak harus on time ada tenggang waktu satu minggu kok..

      Semangaaattt ya..

      Hapus