Thanks to visit..(^.^)/..

Senin, 23 September 2013

Guru Gila!! (seri 1)

Ceritanya sekarang mulai materi yang lumayan butuh banyak latihan...
Saya sudah print kan anak anak rumusnya, dengan warna warni supaya lebih terlihat perbedaannya, berikut contoh cara mengerjakannya..

Selanjutnya anak anak saya bagi kelompok, kita bikin kelompok tutorial, karena menurut saya itu yang paling efektif saat ini untuk kelas besar.
Ulangan pertama dimulai, seperti biasa saya selalu memberikan banyak macam soal, maksudnya si supaya saya bisa memetakan mereka mana yang sudah paham mana yang belum. Hasilnya lumayan walau rata rata masih 50,57 tetapi sudah terlihat ada 8 anak nilainya diatas 80 dari 8 itu 4 anak nilainya 100. Kemudian saya minta mereka refleksi dari hasil ulangan tersebut, dimana kekurangan mereka dan kesalahan mereka, karena besuk saya akan adakan ulangan dengan materi yang sama.


Tapi...hiks.. :(, ulangan kedua ini kurang memuaskan hasilnya, rata rata turun jadi 50 dan yang memperoleh nilai 100 hanya 2 anak.

Oya sebelumnya saya katakan kepada anak anak bahwa nilai mereka merupakan nilai rata rata kelompok, dan kelompok yang memperoleh nilai tertinggi akan memperoleh reward dari saya.
(saya terpaksa melakukannya, supaya mereka mau mengenal apa yang akan mereka pelajari dan bisa menikmatinya... *ngeles I)

Ternyata lagi reward ini gak ada pengaruhnya seperti yang sudah saya kira

Setelah ulangan kedua kelompok tutorial saya rubah, leadernya yang punya rata rata tertinggi hasil dari ulangan pertama dan kedua, kemudian saya akan adakan ulangan ketiga rencananya tanggal 17 September 2013 kemarin, jam pertama dan kedua, rewardnya saya tambah nilainya jadi Rp.100.000,- untuk kelompok yang memiliki rata rata tertinggi dari sebelumnya Rp.30.000,- (GILA I)

Masih ada harapan mereka jadi terus termotivasi untuk menggali materi ini, karena tak kenal maka tak sayang kan... *ngeles II

Selasa tanggal 17 September itupun tiba, tetapi betapa terkejutnya saya nggak biasanya di sekolah saya mengadakan upacara bendera pagi itu, plus kampanye pemilihan umum ketua OSIS hingga jam pertama dan kedua habis tak bersisa. (padahal saya sudah mempersiapkan soal berbagai macam lengkap lembar jawab de el el)

Baiklah masih ada hari Rabu, 18 September, saya ada di kelas mereka jam terakhir jam ke 8 dan 9 mulai sekitar pukul 12.45 - 14.15 hmmm.. Semangaattt!!..(^.^)/

Esoknya ternyata ada Pemilos, pemilihan ketua OSIS, yang diset dengan standard KPU persis plek dengan PEMILU dari jam 08.00 sampai selesai. Ah gak papa pikir saya toh anak anak akan digilir pemilihannya dan saya perkirakan gak sampai jam terakhir selesai, jadi masih ada kesempatan untuk ulangan.

Mendekati waktunya, saya ke tempat pemilihan dan bertanya kepada panitia apakah kelas XII IS X sudah dapat giliran memilih, ternyata belum, kelas XII belum semua, terus saya memohon kepada panitia PEMILOS (GILA II) agar saat giliran kelas XII tolong dahulukan kelas XII IS X supaya saya bisa ulangan jam terakhir--murid di sekolah saya jumlahnya 950--

Pukul 12.40 saya bersiap dan trus otw ke XII IS X kelasnya diatas jadi lumayan lah jalannya... *leBAy I

Setibanya disana apa yang terjadi "loh tumben kelasnya tenang, pintu tertutup rapat gak ada anak yang berkeliaran diluar" ehem pada belajar nih, wah kereeeennn mereka ya, batin saya

Setelah saya masuk...deng deng deng....o o o..... ternyata mereka baru nonton film korea to the beautiful you yang main minho shinee sama sully (gurunya juga suka sih jadi ngerti .. *MALU1)

*GLUP gimana nih, "lho hari ini kita kan ulangan?' kata saya sok suabar..

"iya bu sebentar lagi nanggung filmnya" saya cek tinggal berapa menit lagi untuk satu seri ini selesai.."lho masih 32 menit?" "iya bu tunggu 32 menit lagi baru ulangan"

*melongo, bingung, sakit hati dan terus...
"oke deh kita ulangan hari senin saja...", sambil saya sok nyambar tempat pensil besar saya dan ngeloyor keluar kelas...
kemudian 3 anak berlari keluar mengejar saya, "bu, ulangan sekarang saja".. jangan marah (emang saya anak kecil yang bisa dibujuk kalau kemauannya diturutin..)
"gak papa hari senin saja, kalian tenang aja di kelas, nggak usah rame"...
Sesampainya di ruang guru, dengan hati masih nggak karuan, 3 anak yang berbeda dari kelas itu datang ke saya, "bu, maafkan kami ya"
"udah gak papa, kalian lanjutkan saja, kita ulangan hari senin"
"ya bu, terimakasih" kata mereka..
Percuma kan saya maksain ulangan, soal yang saya buat bersusah susah dengan lima tipe soal, dikerjakan oleh mereka yang lagi gak konsen dan gak siap, daripada nilai mereka jelek lagi, mendingan dipending aja -----------
Sampai rumah saya nonton film yang sama, sebelumnya saya sudah dapet juga copy film ini dari mereka...hehehe (GILA III)-
Saya pingin tahu apa sih yang bikin mreka satu kelas cowok cewek begitu terpana sama film 16 seri ini. Selesai melihat film ini saya ada ide untuk bikin kejutan buat mereka...

Kebetulan setiap kegiatan di kelas selalu saya dokumentasikan, saya ambil kata kata dari film itu, "Miracle is another word for hardwork", saya bikin di corel, lengkap dengan tandatangan Minho Shinee yang di film itu jadi Kang Tae Joon atlit peraih emas di cabang lompat tinggi pada Olimpiade, untuk kemudian saya print MMT besar ukuran 4 meter x 1,5 meter dan akan saya tempel di belakang kelas mereka (GILA IV)

Print MMT jadi, kebetulan sabtu saya ngajar di sekolah lain, plus ngajar les anak sekolah lain lagi, semua selesai jam 15.00, saya lanjut ke sekolah, sebelumnya saya telpon satpam untuk jangan gembok dulu kelas XII IS X, sore saya bekerja dibantu oleh tiga murid saya dari kelas lain yang mau aja bantu ide guru gila ini. Menempel MMT besar itu di belakang kelas, manjat sana manjat sini, paku sana paku sini, merapihkan tempelan tempelan di dinding, selesai jam 16.00 with a big smile and a huge hope..

Saya masih belum tahu reaksi anak anak besuk pagi, saya juga gak tau kenapa saya sampai seperti ini... semua cuma mengikuti kata hati saja, ndak pakai banyak mikir so apa yang terjadi nanti juga akan jadi kejutan buat saya

Sekian.. :)

apa yang terjadi hari seninnya, simak cerita selanjutnya disini

1 komentar: