Thanks to visit..(^.^)/..

Kamis, 29 Agustus 2013

Lukisan-lukisan Masterpiece \(^.^)/


Materi Usaha Dagang kali ini masuk permasalahan menjelaskan macam akun transaksi usaha dagang, ada pembelian, penjualan, biaya angkut pembelian, biaya angkut penjualan, potongan pembelian, potongan penjualan, retur pembelian, retur penjualan dan persediaan barang dagang.
Biasanya anak anak saya ajak main ke pasar untuk melihat semua transaksi itu, atau main monopoli tetapi berdasarkan pengalaman lampau transaksi yang mereka temui di pasar tidak selengkap yang seharusnya mereka ketahui, dan mereka masih kesulitan mencerna arti dari akun akun tersebut.



Oleh karena itu, kali ini saya mencoba memakai cara yang berbeda, anak anak dibagi kelompok, saya bagikan mereka definisi konsep dari 9 akun transaksi tersebut, kemudian saya minta mereka menggambarkannya dalam sebuah kertas, pakai spidol dan krayon warna warni.

Ternyata untuk dapat memahami kalimat dalam sebuah konsep tersebut membutuhkan waktu lebih kurang 15 menit untuk setiap konsep, anak anak saya lihat banyak menimbang dan mengulang ulang apa yang mereka baca, sebelum menuangkannya dalam bentuk gambar

Lukisan masterpice itu... :D
Proses ini memakan waktu 3 kali pertemuan atau 6 x 45 menit, setelah selesai anak anak menempelkan 9 kertas hasil lukisan mereka pada kertas plano dan mempresentasikannya di depan kelas. Presentasi dilakukan tanpa clue kertas definisi konsep yang saya berikan, namun mereka presentasi berdasar gambar yang sudah dibuat

Anak anak 85% melakukannya dengan baik, sebagai bahan evaluasi saya minta mereka secara individu menuliskan kembali apa yang sudah mereka lukis ke dalam definisi konsep menggunakan kalimat mereka sendiri

setelah presentasi gambar-gambar ditempel di belakang kelas
saat evaluasi anak anak balik kanan, mereka menulis kembali konsep dengan
kalimat mereka sendiri, jadi tidak ada yang perlu mencontek
hasil lukisan anak anak lucu lucu penuh warna

Hasil evaluasi ini sangat menyenangkan karena anak anak mendefinisikan konsep dengan kalimat mereka sendiri, kalimat mereka bagus dan kreatif, menunjukkan bahwa mereka benar benar memahami konsep yang diusung.

Ini materi simpel dan disampaikan dengan cara yang simpel, hampir 90% anak anak berhasil mendefinisikannya kembali dengan kalimat mereka sendiri

Harapan saya selanjutnya jika dasar dasar ini mereka sudah matang, mereka akan lebih mudah memahami step berikutnya yang agak rumit... :)

Semangaaatt!!...(^.^)/..












4 komentar:

  1. Luar biasa...!! ini betul betul cara AMPUH merebut hati murid, melalui kreativitas pembelajaran Akuntansi.

    Salut...!! selamat berkreasi untuk kemajuan anak bangsa...

    BalasHapus
  2. Terimakasih pak Joko, belajarnya dari buku AMPUH sih... :)

    BalasHapus
  3. bu.... foto kelompokku oq gx dmasukin sih.........???? :(

    BalasHapus