Rabu, 21 Agustus 2013

Catatan Kuliah Saya dengan Prof. Mac Beath 1

Sebenarnya saya pingin nulisnya nanti kalau sudah selesai, tapi kok rasanya tangan ini gatel, eh tepatnya takut lupa

Mata kuliah Education dulu waktu pertama coursera buka hanya ada tiga mata kuliah dan waktu itu saya merasa mata kuliah yang ditawarkan belum saya butuhkan. Baru kira kira sebulan yang lalu waktu iseng buka coursera lagi, ada mata kuliah mata kuliah yang sudah lama saya tunggu, salah satunya yaitu Foundation of Teaching for Learning 1, ketika saya scroll ternyata ada delapan level untuk mata kuliah ini dan per levelnya antara 1 - 3 bulan.
Kuliah saya Foundation of teaching for learning 1 dari commonwealth education of trust bersama Prof. John Mac Beath sudah berlangsung 3 minggu, dari 4 minggu yang seharusnya.
Kuliah kali ini agak berat karena, Prof. MacBeath selalu memberikan pertanyaan ke saya eh ke pesertanya, yang membuat saya harus berpikir.

1. Being A Teacher, pertama langsung tanya apa artinya menjadi seorang guru? karakter macam apa yang kamu miliki sebagai seorang guru? apa yang sudah anda pelajari selama ini?
Saya juga diminta mengingat, pengalaman mengajar yang membuat saya merasa "powerfull" atau mungkin maksudnya yang membuat saya jadi memiliki kepercayaan diri.
Kesimpulan saya di materi ini bagaimana seorang guru mau mengembangkan kemampuan dirinya untuk menjadi guru yang menginspirasi siswanya. Ada 6 formula yang menjadi kunci dan jantung yang harus dikerjakan oleh seorang guru yaitu, menentukan tujuan, bagaimana melibatkan siswa dalam pembelajaran, membuat perencanaan, organising resources, mengembangkan strategi, kemampuan komunikasi dan assesment.
Ada satu pertanyaan yang menggelitik, what do we want from our children? I want my children to understand the world, but not just because the world is fascinating and the human mind is curious. I want them to Understand it so that they will be positioned to make it a better place (Howard Gardner Asks, 1999)

2. The world of childhood, ada 3 menurut Pak Mac Beath, dunia akademik, sosial dan cyber world. Ada satu hal yang saya suka di bagian ini. Saat kepala sekolah bertanya pada siswanya, apa yang kamu pelajari hari ini? siswa pun bertanya pada guru dan kepala sekolahnya, apa yang anda pelajari hari ini?
Jawaban siswa biasanya adalah math, we did the mean, the median and the mode, terus kepala sekolahnya bilang, I didn't ask you what you were taught, I asked you what you LEARNED.

ada lagi A Teacher has to work incredibly hard to try and make that bridge between what happens in the classroom and what happens in other contexts

Are we preparing students for jobs that do not yet exist?
Using technologies that haven't even been invented yet?
In order to solve problems that we don't even know are problems yet
And if any of that is true, what do you think of the implications for you as a teacher?

hmmm... saya kasih waktu untuk merenungkan pertanyaan pertanyaan itu ya...

bersambung ... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...