Thanks to visit..(^.^)/..

Selasa, 26 Juni 2012

Fly, Lelah, Juara di FeKSI 2012

Hari ini lomba debat dalam rangka festival ekonomi kreatif se Indonesia (FEKSI) 2012 diselenggarakan. Amaze melihat semangat anak anak walau kelelahan setelah 3 hari 2 malam dari tanggal 23-25 sore, mereka baru pulang dari acara kemah bakti di dusun daerah Bringin kab. Semarang (pokoknya jauh deh)

Berangkat dari sekolah jam 7 pagi, menuju Gedung Suara Merdeka di Jl. Kaligawe Semarang. Panitia menjadwalkan acara di mulai pukul 8 pagi.

Festival Ekonomi Kreatif ini adalah festival yang diselenggarakan atas kerjasama Serikat Perusahaan Pers Indonesia dengan Kementrian Perdagangan RI, untuk mengenalkan 14 sub sektor ekonomi kreatif. Suatu negara bisa maju karena mereka sadar betul akan peran ekonomi kreatif dalam pertumbuhan ekonomi mereka, seperti misalnya Amerika, Jepang, Inggris, Korea selatan dan Cina juga India. Negara negara tersebut menggunakan berbagai cara untuk memajukan industri kreatif, seperti di Cina misalnya, pemerintah mendukung usaha kreatif dengan membebaskan biaya listrik air dan telepon juga sewa gedung bagi pengusaha pengusaha baru, hingga 2 tahun, Cina juga memberi subsidi bahan baku, sehingga tidak heran jika produk produk Cina bagus dan murah. Inggris menggunakan sistem cluster kreatif, pemerintah memetakan potensi potensi daerahnya untuk dikembangkan ekonomi kreatif.

Ada lagi perbankan di negara negara kreatif tersebut sangat sadar dengan ekonomi kreatif, sehingga setiap pengusaha baru yang kreatif pasti dipermudah memperoleh pinjaman modal.



Tulisan diatas adalah sebagian kecil perkataan anak anak ketika mereka berdiskusi untuk saling share informasi mengenai apa yang mereka tahu tentang ekonomi kreatif di negara kita dan di negara maju lainnya, banyak hal yang menarik yang baru saya ketahui dari mereka--Hahai disini saya juga belajar bareng mereka, saya bukan orang yang serba tahu walau saya guru mereka, jangan salah yaaa...:)

Bahkan mereka mencoba mensinkronkan apakah yang diterapkan di negara negara maju tersebut dapat dijadikan solusi pemecahan persoalan perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia, mereka kereen ya..


Namun ternyata pengetahuan saja tidak cukup, anak anak ini harus menjawab dengan spontan pertanyaan dewan juri yang kreatif, pertanyaan kreatif karena pertanyaan tersebut mengarah pada dorongan untuk membuat anak anak menuangkan semua ide orisinal yang ada di kepala mereka dengan spontan juga. Jadi mereka harus benar benar memiliki wawasan yang luas tentang apaaa saja, harus banyak baca, dan up to date, Feksi memang kereeenn..:)

Dan eng ing eng Alhamdulillah atas ijin Allah, persiapan 11 hari dengan pertemuan rata rata satu jam setiap harinya, berhasil membuat mereka meraih Juara 2 Festival Ekonomi Kreatif se Indonesia 2012 Wilayah Jawa Tengah

Selamat yaaa terus Semangaatt!!...(^.^)/..

Suara Merdeka, Selasa, 17 Juli 2012

2 komentar:

  1. Alhamdulillah, congratz ya bu amel dan adik2ku, saya ikut bangga dan seneng :)
    Semangat teruuss !! ^^

    BalasHapus
  2. Keren ,,,
    selamat...

    Hidayat Aris

    BalasHapus