Sabtu, 15 September 2018

Belajar 2 Minggu Ini

Otw Jogja nih - Seru juga ternyata naik motor tuh *.*
Another narcistic story of me  

Saya kan ambil jurusan idaman - Penelitian dan Evaluasi Pendidikan - beneran idaman - tapiiii setelah mengikuti kuliah dua minggu ini - kok terus jadi deg deg an ya - bisa nggak ya selesai 3 tahun, bisa nggak ya saya memahami mata kuliah yang saya ambil. Apalagi banyak berseliweran cerita, temen temen bahwa kebanyakan selesai kuliah minimal 5 tahun ada lagi yang 9 tahun.

2 minggu ini roaming - terus tarik napas - gak bisa ini kalau seperti ini terus terusan -

Mata kuliah yang harus diambil semester ini: statistika dan sampling, metodologi penelitian, teori pengukuran, teori generalizability, teori belajar, filsafat pendidikan, statistika lanjut, penilaian kelas, semuanyaaa hitungan - kalo buku buku referensi yang sudah sepuh sepuh dan bahasa Inggris semua sih iya - oh oke deh - tapi semuanya hitungan - dan yang suka bingung bagaimana interprestasinya - apalagi based saya bukan math.

(Memang tukang nabrak nggak pernah mikir dulu kalo mau terjun... *peace, karena yakin banget, Allah pasti selalu memberi jalan keluar - dan udah terbukti kan yang dulu dulu...)

Terus saya mulai nyusun jadwal belajar - saya sesuaikan sama jadwal matkul, kalo pas nggak kuliah saya browsing dan ulang ulang lagi matkul yang tadi di dapet - u know - handout dari dosen kan cekak aos - jadi harus cari sendiri konsep konsep dasarnya, dan trus saya catet deh semuanya - jadi untuk sekitar 15 slide, catatan saya bisa 30 halaman sampe kulit jempol mulai mengeras nih hahaha

Saya menyadari, kalo saya gak jenius, bukan jenis orang yang pas di kelas tidur, trus dibangunin langsung bisa ngerjain soal, jadi sejak jadi guru saya harus belajar lebih supaya bisa memahami dan mengerti, bisa menyelesaikan permsalahan di kelas, makanya saat yang lain tidur, jam 2 malam pasti sudah bangun untuk belajar sampai waktu subuh, setelah sholat subuh baru bangunin anak anak trus masak, trus berangkat ngajar, terus pulang sore, trus belanja, masak, bersih bersih, ngobrol sama anak anak, maksimal jam 22.00 harus udah tidur -

Nah pun sekarang - perlu effort lebih untuk bisa mengikuti matkul yang ada -

ini penampakan catatan - penuh warna dan gambar - dan laris dipinjem temen temen ;)

by the way, temen temen saya yang udah pada Doktor, kok nggak pernah cerita ya proses kuliah mereka - nggak ada yang alay lebay kek saya huhuhuuu...saya jadi tambah kagum deh sama mereka

Matkul hiburan saya tuh Filsafat Pendidikan, karena nggak ada hitungan angka nya hahaha - bukaaan, tapi karena saya bisa banyak baca dan nulis tentang Pendidikan, trus saya bisa tahu opini lain tentang yang terjadi dengan pendidikan kita, terus tahu juga lebih detail apa yang sebenarnya terjadi dari segi keilmuwan.

Oya nah, setelah Bismillah saya rubah sistem belajarnya, Alhamdulillah sekarang jadi semangat, jadi punya harapan dan seru, serius - jadi misal tiba tiba disuruh menginteprestasikan satu rumus yang liat aja baru itu, nah di kelas jelas bengong, untungnya Bapak dosen baik hati, maklum sama yang bukan based nya math. Sampai rumah langsung deh dibongkar, browsing dicari sampai detil detilnya - Allah selalu memberi kemudahan, nemuuu aja tuh di internet - di ebook. Seru kan...

Jadi optimis lagi, insyaAllah bisa selesai 3 tahun ya - Semangaattt... (^.^)/...

Belum lengkap semua sih, satu kelas ada 17 saja, dan 90% dosen hehe

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr wb. Halo Bu Ameliasari, perkenalkan saya hera dari Yogyakarta. Saya sangat terinspirasi dengan tulisan-tulisan Bu Amelia. Saya hedang menggali informasi dan menyiapkan mental untuk meng-homeschool-kan anak-anak saya. Apakah boleh saya sowan Bu Amelia untuk mengobrol dan diskusi pas Bu Amelia di Jogja? karena saya baca kebetulan Bu Amelia juga sedang sekolah S3 di Jogja. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah, bisa email saya bu leakesuma@gmail.com

      Hapus

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...