Minggu, 29 Juli 2012

Kuliah saya di coursera.org

Kuliah Online di https://www.coursera.org/ sangat menyenangkan dan penuh tantangan.
Kelas yang saya ikuti Introduction to Finance mulai pada tanggal 23 Juli 2012 kemarin dan assignment 1 harus selesai besuk 30 Juli 2012. Kuliah Introduction to Finance akan berlangsung 10 minggu atau selesai sekitar awal oktober. Sekarang baru week 1 menuju week 2.

Akhirnya saya ambil juga 7 kelas dari 12 kelas yang saya inginkan, gila gak sih,
biarlah kuturuti nafsu ini, rasanya gak pingin berhenti, kayak candu....

Cara kerjanya begini, dosen dalam hal ini Prof. Gautam Kaul (kalau lihat aksennya sih dari India--hmm India memang kereenn) memberikan penjelasan melalui beberapa video yang bisa di download, untuk week 1 ada 8 video, video ini pendek pendek paling panjang sekitar 15 menit, jadi nggak capek ngikutinya dan tidak terasa ke 8 video habis terlahap. Walau berbahasa Inggris namun semua disampaikan dengan baik seperti bahasa sehari hari, sehingga mudah diikuti, jika masih kesulitan coursera memberikan subtitle nya dalam bahasa inggris.
Video Pembelajaran Introduction to Finance dari Prof. Gautam Kaul University of Michigan USA

Setelah semua kuliah Prof. Gautam di week 1 ini saya ikuti, saya mulai mencoba tantangan mengerjakan assignment 1 jumlah nya 10 soal hitungan Present Value dan Future Value, setiap soal ada point yang berbeda beda sesuai dengan tingkat kesulitannya.

Oleh Prof. Gautam, kami diberi dua kali kesempatan untuk mengerjakan assignment 1 attempt 1 dan 2, saat mengerjakan attempt 1 karena penjelasan Prof. Gautam yang sederhana dan gampang, saya langsung coba tanpa melihat ketentuan meletakkan angka, juga tanpa melihat forum diskusi tentang apa yang akan dihadapi di assignment 1--hasilnya hehe 3 soal dengan point terbesar yaitu 15 poin =45 poin, tidak dapat saya kerjakan jadi assignment 1 nilai saya di bawah kriteria ketuntasan minimal 70 hehe.. 


Asyiknya justru ini membuat saya semakin penasaran, enaknya kuliah online semua ada reviewnya dan hasilnya dapat dilihat gak sampai 10 detik. Saya pelajari lagi kesalahan-kesalahan saya. Oya saya sangat terbantu dengan teman teman di grup di Facebook Community of Coursera Indonesia di grup ini saya dapat bertemu dengan beberapa teman yang mengambil kelas yang sama, salah satunya rekan Bagus Juang, anak muda yang baik hati ini mau saya ajak diskusi dan bahkan dia menjelaskan alur pikirannya tentang soal yang saya tanyakan via youtube

Saya sengaja cuma tanya satu soal saja, selainnya saya cari sendiri, penasaran bener, dan pingin merasakan puasnya mengerjakan dan mencari semua sendiri. Alhamdulillah done!! saya bisa memahami sekarang jalan pikiran dari Present Value dan Future Value...*jangan diketawain ya cuma gitu aja nggak ngerti ngerti...:)

Setelah merasa mantap saya lakukan assignment 1 untuk attempt 2 dan hasilnya alhamdulillah saya dapet 100. Senangnyaaaa... :)
Skor hasil assignment attempt 1 dan 2

Dua hari yang lalu, Prof. Gautam me-release semua video pembelajaran yang digunakan untuk week 2, sekaligus assignment 2. Semua langsung saya download, namun karena ada beberapa pekerjaan yang harus saya kerjakan, sehingga saya menjadwalkan diri untuk mulai belajar lagi di hari senin besuk. Enaknya kuliah online kita dapat fleksible mengatur jadwal sendiri asalkan batas waktu untuk assignment 2 di tanggal 6 Agustus 2012 tidak terlewati.

Pernyataan simpatik dan pemberi semangat dari Prof. Gautam menyambut week 2

Finance is the best thing that I have known in my life (other than Love of course); because, once you get it, you do not need to Google anymore!
Gautam


I really Love this Learning...:)
Semangaatt!!...(^.^)/..

8 komentar:

  1. Ijin Baca
    memperkaya kemampuan online sangat perlu kursus semacam ini

    salam kenal, Mbg Lea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, mudah mudahan bermanfaat..:)

      Hapus
  2. haaii...salam kenal, saya juga lagi ngambil kuliah finance di coursera. saya juga nulis lho ttg itu di http://henimurhana.com/belajar-finance-pada-profesor-gautam-kaul/
    btw assignment untk week 2 susah ya? huhuhu.... udah selesai semuanya sista?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah Alhamdulillah, gak ikut grup di FB?, kita suka diskusi soal soal assignment ya susah lho...

      Hapus
    2. ikut kok mbak... banyak kebantu juga dgn forumnya. Juga di forum diskusi courseranya.

      Hapus
  3. inspiratip!, ternyata memang bnyk cara bwt mencari ilmu, jd tambah smangat nih bwt belajar
    thanks

    BalasHapus

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...