Kamis, 06 Januari 2011

Saya Bolos Bu....


Hallo La, kemarin kok gak kliatan?
Saya bolos bu
Bolosnya kemana?
Keliling kota naik bis
Sama pacar? Hehe
Gak kok bu, sama Mira, anak ips1
Sudah fresh dong ya sekarang..
Gak bu, malah capek nih, tapi ini bolosku yang terakhir bu..
Siiip lah kalau gitu
Pembicaraan ini terjadi saat saya masuk kelas, seperti pembicaraan antar teman saja kan..

Bagaimana cara membuat mereka bicara jujur apa adanya bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan rasa percaya, bahwa saya tidak akan marah, bahwa saya tidak akan menghukum mereka, bahwa saya tidak akan melaporkan mereka.

Menurut saya, rasa percaya ini sangat dibutuhkan dalam hubungan guru dan murid, karena rasa percaya ini yang membuat mereka bisa terbuka dan apa adanya dengan segala kesulitan yang mereka hadapi, baik dalam kehidupan mereka ataupun kesulitan belajar.
Mereka juga sangat nyaman bercerita kronologi bolos lompat pagar yang membuat mereka terancam dikeluarkan dari sekolah. Cerita mereka dengan dasar dan saksi yang dapat dipercaya akhirnya dapat meringankan hukuman mereka.
Ketika mereka percaya, mereka akan dengan mudah saya "kendalikan", jika mereka "salah", akan sangat mudah bagi saya berdiskusi dan sharing dengan mereka, komunikasi yang terbangun juga sangat enak.
Cara-cara yang mungkin dapat ditiru untuk meningkatkan rasa percaya ini adalah :
1. Selalu menempatkan permasalahan anak-anak ini, dalam kacamata mereka. Cara ini akan mempermudah kita memahami latar belakang perbuatan anak-anak tersebut. Kita juga akan segera dapat mengendalikan diri kita, dengan tidak buru-buru marah dan emosi.
2. Senyum, rangkul, berdiri dan duduk sejajar dengan mereka, tunjukkan kita antusias dan tulus membantu kesulitan mereka.

3. Dilarang jaim, mesti santai dan apa adanya
4. Selalu mendidik dan mengajar dengan riang dan menyenangkan. Aura positif yang kita sebarkan ini akan berpengaruh pada mood anak-anak, namun jika tidak juga tidak apa-apa. lihat pasal 1, posisikan diri kita sebagai mereka.
Selamat mencoba guru-guru hebattt,
alangkah senangnya jadi guru \(^.^)/...
Semangaattt!!...(^.^)/...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...