Minggu, 10 April 2016

MANSA Historical BoardGame

Belajar Sejarah di kelas X MIPA hanya satu jam pelajaran, dengan materi yang padat, sepertinya sulit kalau cuma cerita aja, atau diskusi waktunya terlalu singkat, seminggu sekali belajar sejarah hanya 45 menit.

Oleh karena itu, terinspirasi dengan anak anak Andaliman SemiPalar, saya minta anak anak untuk berkelompok membuat boardgame sejarah, dengan topik yang berbeda, karena ada 7 topik, maka siswa saya bagi menjadi 7 kelompok.

Saya mencari berbagai contoh hostorical boardgame yang ada di internet, kemudian boardgame yang pernah saya buat walo bukan boardgame sejarah, proyek ini memakan waktu satu bulan, kebetulan anak anak banyak libur karena ujian sekolah dan ujian nasional

Dan saya sekarang memiliki 20 boardgame sejarah hasil karya anak anak, mereka jadi baca, memahami, bermain, belajar kejujuran, tepo seliro, menghargai pendapat orang lain, sportif, dan mereka bangga dengan bangsanya, Indonesia kaya, cerdas, indah, pantang menyerah, menjunjung budi pekerti <3

Saat anak diberi kebebasan untuk mengekspresikan semua idenya, ternyata hasilnya sangat memuaskan, boardgame buatan mereka unik, orisinil, menggabungkan dari berbagai permainan boardgame, mau materi bejibun, tidak terasa semua selesai

Eeee tapi masih ada kendala lagi, waktu satu jam pelajaran 45 menit, tetap saja kurang, saat bel ganti pelajaran dimulai mereka gak mau selesai main game nya :D

Oke berikut adalah berbagai historical boardgame ciptaan mereka, sebelumnya tentu saja guru narsis dulu memberi pengantar :P

3 komentar:

  1. Eh, Bu Amel, hanya pikir pikir? Dari Dagang Game kok bisa ke Historical Game ceritanya gimana?
    Memang ada pelajaran Sejarah Ekonimi Bangsa ya ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dapat tugas ngajar Sejarah pak semester ini :)

      Hapus

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...