Thanks to visit..(^.^)/..

Sabtu, 16 Mei 2015

Team Work yang Keren (y)


Rasanya pingin tutup muka liat OmJay, bu Arifah, pak Dedy, bu Juli, bu Hesti, dan pak Namin, mereka bikin workshop PTK untuk guru, gratis, dan mereka share ilmu juga gratis, semua disponsori oleh OmJay, katanya supaya sertifikasi saya berkah, Subhannallah.... *mrinding dengernya

Lagi lagi rejeki saya dikelilingi orang orang berhati mulia...


Saya bertugas sharing bersama sama guru guru SMA SMK se Jakarta dan sekitarnya, bicara tentang PTK, selanjutnya pak Dedy motivasi para guru, dan bu Arifah membahas bab 2 Kajian Pustaka dalam PTK. Perkiraan yang hadir 80an guru, dibagi dua kelas, TK - SMP di lantai 2 dibimbing oleh OmJay, pak Namin, dan bu Hesti dan pak Bhayu, kemudian SMA SMK, di lantai 3 dengan saya, bu Arifah dan pak Dedy. Namun pada kenyataan jumlah peserta membludak hingga 200 guru dari TK - SMA/MA/SMK.. ajib ya

Sesi pertama saya bertugas share tentang, apa dan bagaimana PTK, di sesi ini saya tanya teman teman guru, sebenarnya apa kendala, solusi dan tujuan mengikuti workshop ini. Mostly sama dengan guru yang lain, tidak punya waktu, sulit menyusun kalimat, takut salah, bingung mulai darimana. Solusinya mereka sendiri sudah tahu juga sih, seperti manajemen waktu (tapi tetep gak bisa) dan banyak baca buku.

Kalau saya jam 2 malam bangun itu adalah waktu kerja paling enak dan efektif, jadi pulang kerja jam 15:30 an, kadang jam 17:00 baru sampai rumah, ngobrol dengan anak anak, urus ini itu, tidur awal, terus bangun deh jam 2, tidak tidur awal juga, alarm di kepala sudah bunyi sendiri untuk bangun

Baca buku is a must ya, sangat tidak mungkin kita menulis tanpa baca buku, kalau mau menulis karya ilmiah, juga harus banyak baca jurnal ilmiah, dari situ nanti insyaAllah akan banyak ide bermunculan
Saya bercerita kepada peserta saat tahun 2009, terpilih menjadi 5 besar LIPI pada Lomba Karya Inovasi Guru, waktu itu salah satu juri lombanya Prof. Arif Rahman, aiih saya habis-habisan deh, intinya tulisan saya untuk menyajikan media yang saya lombakan SALAH, dan memang sih, kalau saya baca lagi... rasanya pingin tutup muka, tapi justru dari kesalahan itu kita belajar, kalau tidak pernah mencoba, dan tidak pernah salah, sampai kapan kita tahu mana yang benar. That's why yang penting nulis duluuu...

Masalah bingung mulai dari mana, saya jelaskan semua di slide, langkah langkahnya.
Kebetulan saya ada di sesi pertama dan sesi terakhir, jadi enak tinggal nerusin saja yang disampaikan pak Dedy dan bu Arifah

pak Dedy menyampaikan bagaimana jadi guru Beda yang menginspirasi siswanya, ada kalimat yang bikin saya tertohok nih, guru berprestasi tingkat nasional, menang lomba disana sini, bagaimana dengan siswanya, ada nggak yang kayak bu Een (Alm)?, ibu guru Muslimah? pernah punya siswa sekaliber Andrea Hirata? Apakah ibu Een dan Ibu Muslimah guru berprestasi?

Ibu Dr. Nur Arifah, mengungkapkan seluk beluk menulis Kajian Pustaka, ibu Arifah ini, guru juga, guru Bahasa Inggris SMA Lab, yang akan berangkat ke Harvard University Agustus nanti mempresentasikan makalahnya tentang Digital Learning... awesome

Tahu nggak sih, kenapa saya semangat saat diundang OmJay untuk mengisi acara ini, karena saya tahu, saya bisa banyak belajar dengan beliau beliau para guru BEDA..

Workshop ini diselenggarakan 40 jam, pertemuan berikutnya insyaAllah akan diselenggarakan tanggal 2 Juni 2015, kalau tidak ada perubahan tetap di Wisma UNJ Rawamangun lantai 2 dan 3 mulai pukul 08:00 sampai selesai, kalau seperti kemarin kurang lebih hingga pukul 16:00 sore

Semangaaattt!!...(^.^)/..








6 komentar:

  1. Nyesel banget, ga ikutan, yang ibu ceritakan orang orsngnya saya ngerti bangrt, menginspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah nanti tanggal 2 Juni ada lagi bu...
      Semangaaattt!!...(^.^)/..

      Hapus
  2. wach mantap ini team worknya, semoga team tetap solid untuk pendidikan Indonesia :)

    BalasHapus
  3. amiin..UNJ kenanganku,,,tetap merasa ikut walau tidak

    BalasHapus