Thanks to visit..(^.^)/..

Selasa, 30 Juli 2013

Belajar kayak anak TK... :D

Saya tidak menyangka, jika "ejekan" (belajarnya kayak anak TK...) yang biasa diberikan kepada seorang teman guru Irma dari siswanya ini juga akan saya alami

Hari ini sudah pertemuan ketiga di awal tahun pelajaran 2013/2014, pertemuan pertama saya ajak anak anak untuk membuat vision board mimpinya, supaya tujuan mereka terlihat jelas,

 mau kemana mereka setelah ini, apa yang akan mereka lakukan, berikut targetnya, semua dituangkan dalam vision board, sehingga mereka memiliki tujuan belajar yang jelas, jadi lebih termotivasi. (cerita tentang ini mirip dengan dare to dream, nanti saya ceritakan lagi deh, yang ini anak anak belum pada jadi bikinnya)

Pertemuan kedua, saya gunakan video dari  Accounting WITT - What is Accounting?, sebenarnya hanya mengulang kelas XI sih, saya hanya ingin menekankan, supaya mereka tahu dan paham sebenarnya ngapain sih mesti belajar akuntansi, mengapa semua tansaksi harus dicatat, untuk apa sih ngitung ini ngitung itu, apa gunanya di kehidupan mereka kelak. Video dari WITT ini menurut sangat menarik dan mudah sekali dipahami.

Nah hari ini adalah pertemuan ketiga, baru deh masuk ke pokok bahasan pertama membedakan antara Usaha Dagang dan Usaha Jasa, karena di kelas XII mereka akan belajar siklus akuntansi atau pencatatan akuntansi di perusahaan Dagang, sedangkan siklus akuntansi usaha jasa sudah mereka peroleh di kelas XI.

Sebenarnya sih bahasan gampang, cuma akan bikin saya bosan kalau saya cuma ngomong doang di depan kelas.... *gayya.. :P

Sebelumnya saya sudah mempersiapkan dua hal, pertama worksheet 1 dua halaman, dan berbagai gambar tentang usaha dagang dan usaha jasa yang saya download dari internet, kertas warna warni besar, lem, selotip dan gunting.

Pertama anak anak saya bagi dalam kelompok, karena siswa yang hadir hanya 27 (yang lain sudah pada mudik katanya) maka saya bagi menjadi 9 kelompok, satu kelompok 3 anak, baginya acak, supaya mereka lebih kenal satu sama lain. Setelah itu langsung saya bagikan worksheet 1 dan saya minta mereka mendiskusikannya.

Worksheet 1

Diskusi ??...:) iya ini diskusi mengklasifikasikan Usaha dagang dan Usaha Jasa
Selanjutnya konfirmasi hasil diskusi, puncaknya untuk mengetahui apakah anak anak memahami benar perbedaan dari usaha dagang dan usaha jasa, saya berikan masing masing kelompok setumpuk gambar yang sudah saya acak, kemudian saya minta mereka membedakan mana usaha jasa dan mana usaha dagang, setelahnya saya minta mereka menempelkannya di kertas board yang sudah saya tempel di dinding kelas.




tralaaaaa ternyata banyak juga ya Usaha Jasa dan Usaha Dagangnya


Smile... :)

Dari diskusi ini anak anak jadi banyak tahu, ternyata macam usaha dagang dan usaha jasa sangat banyak, karena di gambar gambar itu saya sertakan juga usaha Google, Yahoo, Facebook, twitter, Berniaga.com, Toko Bagus, bukabuku.com, dan berbagai usaha via internet, jamannya sudah berubah, usaha dangang gak lagi toko kelontong, toko sepatu, tetapi juga toko toko online yang tersebar di internet, demikian juga dengan usaha jasa, tidak hanya bengkel dan salon, tetapi bisa juga google, berniaga atau tokobagus.

Semangaaattt!!...(^.^)/...






2 komentar:

  1. sangat kreatif bu.. Jadi semangat juga neh.. maju terus guru indonesia..

    BalasHapus
  2. Trimakasih karya buku panjenengan tentang Menyusun PTK Itu Gampang mbak. Mohon selalu berbagi pengalaman ngajarnya semoga mencerahkan kami guru indonesia. mbok menowo.

    BalasHapus