Sabtu, 03 Desember 2011

Seminar yang menyenangkan...(^.^)/..(bag 2)

*Ternyata nggak tahan saya menulis nanti-nanti soalnya mumpung masih anget di kepala hehe

Pak Alex moderator yang baik hati-bikin saya tambah pede :)
Setelah rehat sholat jum'at tibalah giliran kami secara panel tampil di depan untuk menyajikan karya penelitian tindakan kelas yang pernah kami lakukan di depan para mahasiswa Pendidikan Ekonomi. By the way, oke lho idenya, jadi mahasiswa diharapkan tahu benar apa yang akan mereka hadapi ketika mereka terjun langsung di sekolah.
Ada 4 penyaji, Drs.Sutikno, M.Pd, Dra. Yuliati Eko Atmojo, M.Pd, Nining Maryaningsih, S.Pd dan saya, sebenarnya kami nggak janjian namun ternyata sebagian besar karya kami membahas hal yang sama tentang pembelajaran akuntansi, menurut saya ini membuktikan bahwa kesulitan dan masalah yang terjadi di kelas sebagian besar karena akuntansi, dan kami berusaha merubah mind set anak-anak bahwa akuntansi itu ternyata mudah dan menyenangkan
Pak Sutikno menggunakan metode Jigsaw untuk menjelaskan Jurnal Khusus, Ibu Yuli Eko menggunakan metode Gallery Accounting ciptaannya untuk menjelaskan siklus akuntansi perusahaan jasa, Ibu Nining yang menciptakan teknik baru P4DP3 untuk menjelaskan materi komunikasi bisnis, dan saya sajikan metode jelajah pasar dan accounting game untuk menjelaskan transaksi-transaksi akuntansi perusahaan dagang bisa di donlot disini http://www.docstoc.com/docs/document-preview.aspx?doc_id=58226196.
*aduh saya kok lupa ya minta karya beliau-beliau siapa tahu boleh di share disini

yang menarik, sekali lagi adalah pertanyaan-pertanyaan mahasiswa dan juga dosen, diantaranya;

1. Apa sih menariknya PTK?

2. Apa makna melayani bagi anda semua (kami berempat)?
3. Ide-ide inovasi pembelajaran dasarnya dari mana (pertanyaan ini ditujukan pada saya)
4. Sebenarnya mau dibawa kemana pembelajaran akuntansi ini

Ssst PTK nggak menarik kok hehe, yang menarik adalah ketika kita melakukannya di dalam kelas, (anggap saja ini tambahan jawaban saya tadi ya..). Sesungguhnya pada awalnya saya tidak pernah berpikir catatan-catatan saya tentang pembelajaran yang saya lakukan di kelas selama ini sejak tahun 2003 bisa ditulis menjadi classroom action research. Saya hanya merancangnya, jika tidak berhasil saya lakukan inovasi dan refleksi dari yang sudah saya lakukan, lesson plan saya buat se rinci mungkin, sehingga mempermudah saya ketika berada di kelas, seringnya saya terkejut dengan dampak dari rencana saya, banyak hal yang tak terduga seperti misalnya http://untukanakbangsa.blogspot.com/2010/11/belajar-itu-menyenangkan.html atau ini http://untukanakbangsa.blogspot.com/2011/10/my-dream.html yang ini juga http://untukanakbangsa.blogspot.com/2011/10/mereka-bosan-need-space-to-sit-and.html saya tidak pernah memperkirakan apa yang akan terjadi dengan metode pembelajaran yang saya terapkan, tepatnya saya sering terkejut dengan reaksi anak-anak baik yang positif maupun negatif. Nha catatan-catatan ini kemudian tinggal dibikin ilmiah, dikasih tujuan, dikasih landasan teori trus cerita deh di bab pembahasan, gampang kan.. sebetulnya judul penyajian saya seharusnya CMIIW hehe, karena selama ini saya belajar sendiri tidak ada pembimbing, yang membimbing saya adalah juri-juri saat saya presentasi untuk lomba karya ilmiah, jadi kalau presentasi kemarin saya sempat dikritik pak Bambang saya senang sekali..\(^.^)/..

Pertanyaan berikutnya ini favorit saya, "makna melayani"--pertama jadi guru itu mesti SUKA dulu CINTA dulu, kalau sudah suka pasti akan all out, sepenuh hati melayani, banyak belajar dan membaca dan harus open mind, sehingga ketika ada permasalahan yang terjadi dengan anak-anak kita bisa menghadapinya dengan bijak dan menyenangkan. Tidak usah berpikir tentang gaji, tentang sertifikasi, just do your best semua itu akan mengikuti dengan sendirinya. Sedikit cerita saya baru diangkat PNS 2005 ujian murni, sebelumnya saya guru kurang kerjaan, saya suka sekali membuat media pembelajaran, permainan di kelas, penelitian iseng untuk lihat kenapa anak-anak tidak suka belajar dan sempat jadi bahan tertawaan karena materi pelajaran saya agak terlambat selesai, dan dibilang guru baru sok rajin, tapi terus maju saja yang penting anak-anak nyaman belajar bersama saya. Tanpa diduga saya terdaftar sebagai calon penerima tunj. sertifikasi tahun 2007, walau nilai saya cuma 760 (harusnya untuk lulus 850) karena belum pernah ditugaskan untuk diklat, sehingga harus PLPG 2008, saya mulai terima januari 2009--tunjangan diterimakan tiap bulan--(saya PNS Kemenag) tanpa pungutan dan kolusi suerr. Saya juga suka iseng bikin-bikin metode "aneh-aneh" tapi alhamdulillah sering dapet duit karena itu--kalau menang kan hadiah duitnya lumayan hehe
Jadi cintai saja profesi ini, lakukan yang terbaik dan tulus karena Allah..:) let it flow yakin pasti banyak kejutan yang menyenangkan yang tidak pernah terpikirkan oleh kita *saya sudah buanyak bukti tentang ini


Ibu Mur, dosen akuntansi favorit mahasiswa PE..:)
Ide-ide inovasi pembelajaran yang saya buat dasarnya dari mana, (ini pertanyaan bu Mur ibu dosen..) Awalnya tentu karena ada masalah di kelas, masalah dengan anak-anak, masalah mensinkronkan materi pelajaran dengan kondisi anak-anak (yang umumnya terbebani dengan banyaknya tugas dan materi pelajaran)--saya ingin membuat semua materi pelajaran yang saya ajarkan serasa ringan dan mudah, sehingga mereka bisa nyaman belajar. Untuk ide Jelajah pasar muncul karena saya baca buku CTL Elaine B Johnson dan yang accounting game saya searching di internet kemudian saya buat dengan corel draw dengan melihat trend kesukaan anak-anak, saya gunakan gambar-gambar yang menarik seperti personil Avanged Sevenfold untuk cover uangnya dan lain-lain. Tujuan saya (menjawab nomer 4 sekalian) sebenarnya bagaimana menumbuhkan kesukaan belajar pada anak-anak sehingga mereka dapat menjadi pembelajar sejati (yang ini tadi lupa belum disampaikan) jadi bukan hanya akuntansi saja tapi bagaimana membuat mereka SUKA belajar, pernah saya tulis disini http://untukanakbangsa.blogspot.com/2010/12/school-is-choice.html

Sungguh pengalaman yang luar biasa, dosen-dosen yang ramah, menyenangkan, terbuka dan baik hati, sebagai guru "nggak normal" saya sangat terapresiasi dengan kesempatan ini terimakasih pak Bambang, terimakasih bu Yuli Eko (my soulmate), terimakasih bu Mur, terimakasih pak Alex, terimakasih pak Sutikno, terimakasih bu Nining (eh bu Maria kata pak Alex) dan mostly terimakasih adik adik mahasiswa FKIP PE UKSW yang smart dan kritis, KEEP DO YOUR BEST Semangaatt!!!...(^.^)/..





2 komentar:

  1. em........ bua amel yang smart dan luar biasa, kenapa gak dari dulu ya saya kenal njenengan??? btw di depak usum pns siluman ya? ( Bu Maria )

    BalasHapus
  2. Siluman gimana? Gumiho maksudnya? hehe..:P

    BalasHapus

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...