Rabu, 21 Desember 2011

[repost} Keresahan ini....

by Lea Kesuma on Thursday, July 2, 2009 at 8:34am

Dari seberang jalan, saya melihat anak-anak bergembira ria di sebuah taman, baju putih mereka penuh warna, merah, orange, hijau, biru, dan ketika mereka melihat saya melintas. "Ibuuu...sambil melambaikan tangan mereka dari jauh", dan mereka pun berlari dari taman, menyeberang jalan menghampiri saya, dan kamipun berpelukan. "Ibu terimakasih kami lulus", berebut mereka mencium tangan saya dan kami berpelukan lagi. Badan kecil saya tenggelam dalam pelukan mereka.

Di sekolah saya, ada sekitar 18 anak dari 220 murid klas 3 tidak lulus UN, saya tanyakan pada mereka, teman-teman yang tidak lulus. Tadi langsung pulang bu, kasihan bu.., padahal jawaban kami sama lho..-bukan rahasia umum lagi, ketika ujian berlangsung, hampir 99% anak-anak saling memberikan jawaban, ketika masa ujian, mereka sering sms saya dan cerita tentang pengawas yang galak, tentang teman mereka yang nangis, yang pingsan, dan tentang keberhasilan mereka menyebarkan kunci jawaban ke setiap ruangan-
Fenomena ini sering membuat saya geli, membayangkan seru nya mereka, berjibaku mencari jawaban benar vs pengawas yang galak.

Kelulusan itu, saat ini yang bisa menumbuhkan kepercayaan diri mereka, kepalsuan yang tidak mereka sadari ini yang membuat mereka bahagia.

Anak-anakku..apapun yang terjadi, kalian adalah yang terbaik. Hari ini adalah titik awal. Di depan kalian masih ada jalan panjang yang mesti di lalui dengan sabar dan tawakkal, pandai-pandailah memaknai setiap kejadian atas langkah dan tindakan yang kalian ambil. Banyak-banyaklah belajar dari universitas besar kehidupan ini, sehingga lulus dengan khusnul khotimah.

http://leakesuma.multiply.com/journal/item/31/Keresahan_ini...

1 komentar:

  1. Belajar sesungguhnya memang KETIKA KITA MENINGGALKAN BANGKU SEKOLAH/KULIAH menuju kejidupan riil di masyarakat yang sangat jauh perbedaannya dengan suasana dalam kelas.

    BalasHapus

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...