Minggu, 04 Oktober 2015

Wow...MAN Insan Cendekia Bangka Tengah.. (^.^)/..


Sekolah yang saya impikan memiliki guru guru yang berdedikasi, berintegritas dan loyal kepada murid muridnya. Apa yang mereka lakukan bertujuan dan berdasar, menjadikan murid murid berperilaku baik, percaya diri, mampu melejitkan potensi dirinya. Mereka guru guru pembelajar yang terbuka dan terus berdiskusi bagaimana mengatasi permasalahan murid muridnya. Mereka guru guru yang menyenangkan, ramah, dan menyayangi murid muridnya dengan tulus. (http://untukanakbangsa.blogspot.co.id/2013/01/sekolah-yang-saya-impikan.html)

Itu yang saya lihat di sini, saya menulis impian saya tentang sekolah di 13 Januari 2013, dan subhannallah, jalan Allah itu sungguhan dari jalan yang tidak diduga, saya bertemu guru guru berdedikasi, berintegritas dan loyal disini


Adalah seorang teman, Ustadz Dinar, guru akidah akhlak, katanya  "Kadang siswa belajar tidak selalu identik dengan memahami materi,,,tetapi yg lebih penting adalah belajar bagaimana siswa mampu memahami dirinya dan orang lain...
Saling memuji sesama teman sekelas setidaknya dapat menumbuhkan sikap saling menghargai, empati, jujur, dan ketulusan...
Pelajaran tentang sikap saling menghargai, empati, jujur, dan ketulusan ini tidak dipelajari siswa dalam buku teksnya...tetapi hanya dapat ditemukan melalui pengalaman siswa scra langsung...
Semoga video ini dapat menginspirasi...
Saya bangga bangga menjadi bagian Dari mereka..."

berikut link rekaman video saat pembelajaran di kelasnya 


https://www.facebook.com/tama.brilian/videos/948824585160676/

anak anak belajar menerima dan memahami teman yang lain, dan inti ternyata menambah bonding diantara mereka, pembelajaran yang berharga untuk dapat memahami orang lain kelak ketika mereka dewasa, pembelajaran karakter yang mengena kan...

kemudian berikutnya teman yang lain, Ustdzah Anik, english teacher, ini juga gak kalah heboh, guru satu ini minta siswanya bikin project, projectnya enak sekali, bikin party, english party, yang temanya bebas, setiap kelas bebas nentuin sendiri tema, kapan, bagaimana dan aturan partynya, mereka ditantang kreativitasnya dan terbukti mereka kreatif, banyak potensi yang muncul disana..wow
Karena ada empat kelas, maka setiap kelas menentukan sendiri temanya, ada horor party, sport party, go green, dan idul adha, dari design, aturan, tata cara, acara semua anak anak sendiri yang menentukan, kebayang kan heboh pasti. Setiap party dihadiri oleh siswa kelas yang lain, juga para guru. 
Oya semua yang ada di english party wajib bicara bahasa Inggris, jika tidak maka tompel akan menghiasi wajah.

di Party ini semua terlibat, demikian pula para guru, mereka juga ikut bermain dengan siswa yang lain, mengikuti aturan tuan rumah juga, pokoknya tidak ada keistimewaan, berbaur jadi satu dengan siswa




yang seru lagi, setiap satu event selesai, diadakan evaluasi, semua baik panitia (kelas yang punya gawe) dan peserta, semua boleh menyampaikan kelebihan dan kekurangannya, ada yang merasa gagal pestanya, jengkel karena peserta tidak bisa diatur, ada merasa nggak bagus jadi pembawa acara, ada yang gamenya gak jalan. 
Disitulah mereka belajar kegagalan dalam arti sesungguhnya, belajar merasa sakit dan lelah hati, sekaligus belajar juga bagaimana cara mengatasi, belajar mengenal teman teman sekolahnya dengan lebih baik, sekaligus bisa menerima kelebihan dan kekurangannya
 Kegiatan lain yang juga diusulkan dari guru guru tersebut adalah, nagham atau mujawwad, membaca indah Al Qur'an....aaahhh bikin merinding yang ini, teman teman disini, berkegiatan bertujuan untuk menyeimbangkan antara akademik dan pendidikan karakter keagamaan

Kegiatan Muhadhoroh tiga bahasa, kegiatan ini juga membebaskan siswa mencari topik bahasan pidatonya, dalam bahasa Inggris, Arab dan bahasa Indonesia. Siswa yang lain menjadi peserta dan juri, saling mengevaluasi, mengakui kelebihan dan kekurangan, belajar menghargai perbedaan, dan belajar mendengarkan opini orang lain

Pagi hari setelah sholat subuh dan mengaji, mereka berkumpul di depan asrama untuk menambah kosa kata bahasa Arab dan Bahasa Inggris....

sebelum pelajaran, mereka baca buku kesukaan, mereka selalu bersemangat diskusi, belum kegiatan ekstra komputer, belajar pemrograman, olah raga setiap hari, di sela waktu mereka masih sempat main bola, kegiatan tim jurnalistik, persiapan olimpiade sains nasional, karya ilmiah remaja, tim Tilawatil Qur'an ...
program guru BK juga seru, ada pelatihan pengembangan diri, membuat siswa memahami potensi dalam dirinya dan dapat secara tepat mengembangkan potensi tersebut


Mereka juga diberi kesempatan curhat dengan guru asuh masing masing, guru asuh adalah pengganti orang tua mereka selama mereka ada di asrama

Pembina Asrama yang selalu siap sedia menerima dan membantu menyelesaikan permasalahan asrama

yang bikin saya heran, padatnya kegiatan tidak menyurutkan semangat mereka, mereka tidur tidak boleh lebih dari pukul 21:30, bangun pukul 04:00 pagi untuk melaksanakan tahajjud, tidak percaya...kita lihat ya kumpulan candid saya

English party, temanya sport


Sakit tidak menyurutkan siswa saya yang pinter bikin pantun ini untuk
berpartisipasi bersama teman temannya



tim guru kalah ini



breakdance??...wow

 




Horor Party hiiii








go green party, tiketnya sampah



temen temen guru inspiratif



Ini tersangka utamanya, english teacher, ustadzh Anik Nur


Belajar kosa kata bahasa Arab
Baca buku kesukaan, dan berdiskusi setelahnya sebelum pelajaran

Diskusi bikin boardgame

Diskusi kelompok selalu seru seperti ini

Nagham atau mujjawad, membaca indah Al qur'an
Apel berkumpul bersama, berdo'a sebelum masuk kelas
ruang kelas bisa dimana saja, di bawah pohon juga seru







gaya anak anak belajar eh baca buku


3 komentar:

  1. Bu Amellll....
    kerenn buk, (y)
    kpan bisa kya bu amel. . .
    miss you buk, :*

    BalasHapus
  2. kegiatan seperti ini bagus untuk kerja sama

    BalasHapus
  3. Semangat kawan2, nasib bangsa ada di tangan kita (kaum muda)

    BalasHapus

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...