Senin, 28 Januari 2019

Belajar Ekonomi lewat Lukisan, Gambar dan Seni Ukir

Nemu yang unik lagi - Belajar Ekonomi Using Arts dari Michael Watts dan Chineze Christoper dari Purdue University dan dimuat di The Journal of Economic Education 43(4), 408–422, 2012 kalau ingin membaca artikelnya bisa disini - untuk membuktikannya Watt dan Christoper membuat website khusus bisa dilihat disini https://intra.krannert.purdue.edu/sites/econandart/Pages/Instructions.aspx semua materi dihubungkan dengan lukisan yang menggambarkan suasana saat itu, ditampilkan dalam bentuk power point. Seperti misalnya mengenai konsep kelangkaan (scarcity) watt menjelaskan definisi kelangkaan dalam ppt nya, kemudian dijelaskan dengan lukisan Moretta de Brascia - The Young Man 1540 - 1545 - yang sedang berpikir bahwa ia terlalu menginginkan begitu banyak hal.




sumber : https://intra.krannert.purdue.edu/sites/econandart/_layouts/15/WopiFrame.aspx?sourcedoc=/sites/econandart/Documents/Slideshows/Scarcity,%20Choice,%20and%20Opportunity%20Cost.pptx&action=default

Menarik ya, dan masih banyak lukisan, gambar dan ukiran yang dapat menjelaskan kondisi perekonomian dan dampaknya saat itu. Semuanya detail ditulis di artikel jurnal ini.

Christoper dan Watt, tentu saja membuat pertanyaan pancingan yang harus dijawab saat mereka mengamati lukisan lukisan tersebut seperti misalnya dari ppt mengenai “Labor, Occupations, Specialization and the Division of Labor”: kemudian didiskusikan - lukisan yang mana yang terlihat sebagai tenaga kerja trampil dan tidak, dan bagaimana tenaga kerja menjadi lebih trampil?, apakah spesialisasi kerja berpengaruh pada tingginya pendapatan para pekerja tersebut? bagaimana lukisan tersebut menggambarkan pekerjaan beresiko dan pekerjaan yang baik bagi para pekerjanya?

Menurut Watt, pertanyaan-pertanyaan yang menarik dan jelas, yang belum dipelajari secara formal dapat dijelaskan dari slide show ppt dengan sangat baik, dibandingkan belajar ekonomi secara tradisional - konsep konsep tersebut lebih mengena

Using Art (Paintings, Drawings, and Engravings)
to Teach Economics
Michael Watts and Chineze Christopher
The authors provide a brief review of how economists have dealt with art in their research and
more popular writings, and then consider the case that has been made for using art and other visual
materials in general education and—in very few cases—to teach economics. A new Web site on Art
and Economics is introduced that makes it easier for economics instructors to find and use art with
their students. They discuss several different ways of using the art in classes, and provide a table with
over 50 paintings from the Introduction slide show at theWeb site to illustrate the range of economic
concepts and issues that can be taught with art.
Keywords art, artists, paintings, teaching economics

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...