Minggu, 22 Juli 2012

Belajar yang Menantang!!

Ini 3 kelas yang akan saya ikuti di coursera.org
Saya memang punya rencana setelah selesai kuliah Magister Manajemen Pendidikan ini,  lanjut kuliah Magister Manajemen untuk lebih mendalami ilmu ekonomi, yang murmer berkualitas dan deket rumah. Namun walau murmer, tapi kalau dananya belum ada jadi ilfill juga.

Allah selalu memberi jalan dan kemudahan buat umatnya yang memiliki kemauan kuat dan bersabar. Seorang teman guru Dutch dan German International School di Jakarta Ines Puspita, tag dan sharing ke saya dan teman lain tentang tulisannya bahwa dia bisa kuliah dari rumah dan gratis.
Wah kesempatan ni...

Saat saya ikuti linknya disini https://www.coursera.org/ dan mencari dari 111 kelas dari 16 Universitas keren di US, yang dibuka terdapat sekitar 12 kelas yang ingin saya ikuti, tentang Finance, Education dan Statistic, namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya prioritaskan 3 kelas, 3 kelas ini saya butuhkan untuk memperkaya pengetahuan saya saat belajar bersama dengan anak anak di kelas, yaitu Introduction to Finance, dari University of Michigan yang akan dimulai besok pagi tanggal 23 Juli 2012 untuk 10 minggu pertemuan dengan 10 tugas yang harus dikerjakan, plus syllabus dan beberapa buku yang harus dibaca. Welcome note yang dikirim via email untuk kelas ini juga menyenangkan sekali  simak ya..

Dear Ameliasari,

Welcome to this course. I look forward to introducing you to the wonderful and fascinating world of finance, using both frameworks and tools that will help you understand the world around us and also empower you to make both business and personal decisions.

We'll notify you again when the class starts.

Gautam


kemudian di susul surat kedua

Dear Ameliasari,
Thank you for signing up for this class. Finance is one of the most fascinating areas of study because it is both a way of thinking and applicable to everything around us. We start in a few days and I encourage you to read the course Syllabus carefully and to watch the accompanying video I have posted on Coursera. Hopefully, this will give you a good sense of what to expect. The Syllabus contains details about every aspect of the class.
I sincerely hope the class will empower you to understand how the world works and motivates you to create value for yourself and the broader society.
Yours,
Gautam
Prof. Gautam ini dosennya, kalau liat aksen ngomongnya sepertinya berasal dari India

Saya tahu saya tahu.... ini basa basi mereka, tapi oh please deh, dua surat ini cukup menguatkan saya untuk maju terus mengikuti kuliah pak Gautam walau dengan keterbatasan bahasa Inggris saya--modalnya nekat aja hehe
Kelas ke dua tentang Microeconomics Principles dari University of Illionis at Urbana-Champaign Welcome note mereka juga keren

Dear Ameliasari,
As your instructor, I’d like to thank you for signing up for Principles of Microeconomics. You will be pleasantly surprised to find out how much a little knowledge of economics could help you in most areas of your daily life.  I am eager to begin sharing these ideas with you!
I look forward to working with you and wish you success in this course!
Best!
Jose J. Vazquez Coget, PhD.
saya paling suka kalimat pleasantly surprised bagaimana pengetahuan kita sedikit saja tentang ekonomi dapat membantu anda dalam sebagian besar permasalahan kehidupan anda sehari hari
terserah dibilang udik, gumunan, tapi memang saya merasa apa yang mereka katakan tulus dan menyenangkan.
Kelas ini belum tahu mau mulai kapan, masih menunggu konfirmasi.

Kelas ketiga tentang Fundamentals of Online Education dari Georgia Institute of Technology: Planning and Application, yang akan dipelajari di kelas ini kira kira tentang membuat semacam perencanaan dan aplikasi mengajar secara online, gitu sih yang saya baca sepintas
In the planning phase, you will explore online learning pedagogy, online course design,privacy and copyright issues, online assessments, managing an online class, web tools and Learning Management Systems. In the application phase, you will create online learning materials. The final project for the course will consist of you building an online course based on everything that you learned and created in the course.
Sebenarnya saya tidak begitu sependapat dengan pembelajaran via multimedia, khususnya tentang aplikasi aplikasi pembelajaran yang dibuat canggih yang seringnya kurang mengena buat anak anak. Anak anak tetap butuh interaksi, butuh tatapan mata, butuh "sentuhan" tulus para fasilitatornya, guru tidak dapat diganti dengan alat secanggih apapun.

Saya mengambil kelas ini karena saya ingin memahami lebih dalam tentang Online Education tentang multimedia di kelas, tentang persepsi mereka mengenai hal ini. Tujuan utamanya supaya saya tidak berpikiran terlalu negatif tentang pembelajaran via multimedia hehe...agak melenceng dari maunya Dr. Fatimah Wirth ya..

simak Welcome Note untuk kelas ini
Dear Ameliasari,

Thank you for signing up for Fundamentals of Online Education: Planning and Application! With rising gas prices and decreasing budgets, there is a need now to digitize your classroom and put it online. Even if you are teaching a face-to-face course, you will still be able to use your online course for readings, discussions and even as a means of flipping your classroom. Whether you have an LMS in your school or not, it is important to build a robust online course where both you and your students will be able to succeed in this new environment. We hope that you will join us in an adventure of discovery as you take your first step into the online environment.

Welcome and I am excited to meet all of you online.

Sincerely,

Fatimah Wirth


Saya jadi berpikir, belajar memang apa saja, juga belajar bagaimana memahami perbedaan persepsi dari sudut pandang orang lain

Tantangan saya kali ini adalah keterbatasan bahasa Inggris saya, karena semua disampaikan dalam bahasa Inggris juga tugas tugas yang akan diberikan, yang kedua adalah ketiga subject di kelas ini adalah tiga hal yang tidak saya pahami secara mendetail, khusus untuk kelas ketiga tentang online education adalah bahasan yang tidak saya setujui dalam pendidikan hehe...

Semangaaatt!!....(^.^)/...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...